Langsung ke konten utama

PENGANTAR BASIS DATA



PENGENALAN BASIS DATA

Basis data menyediakan fasilitas atau memudahkan dalam memproduksi informasi
yang digunakan oleh pemakai untuk mendukung pengambilan keputusan. Hal inilah yang
menjadikan alasan dari penggunaan tehnologi basis data pada saat sekarang (dunia bisnis).
Berikut ini contoh penggunaan Aplikasi database dalam dunia bisnis :
Bank : Pengelolaan data nasabah, akunting, semua transaksi perbankan
Bandara: Pengelolaan data reservasi, penjadualan
Universitas: Pengelolaan pendaftaran, alumni
Penjualan: Pengelolaan data customer, produk, penjualan
Pabrik: Pengelolaan data produksi, persediaan barang, pemesanan, agen
Kepegawaian: Pengelolaan data karyawan, gaji, pajak
Telekomunikasi : Pengelolaan data tagihan, jumlah pulsa
Sistem Pemrosesan File
File Nasabah
Nasabah (nonasabah, nama, alamat)
File Rekening
Rekening(nonasabah, norek, nama, alamat, saldo)
Program Aplikasi Untuk
memasukkan data nasabah
File
Nasabah
Program Aplikasi Untuk
Mengkredit / mendebet rekening
File
Rekening
Customer Service
Teller

Gambar 1. Sistem pemrosesan file untuk suatu Universitas
Sebelumnya, sistem yang digunakan untuk mengatasi semua permasalahan bisnis,
menggunakan pengelolaan data secara tradisional dengan cara menyimpan record-record
pada file-file yang terpisah, yang disebut juga sistem pemrosesan file. Dimana masing-masing
file diperuntukkan hanya untuk satu program aplikasi saja. Perhatikan gambar 1 mengenai
suatu universitas yang mempunyai dua sistem yakni sistem yang memproses data mahasiswa
dan sistem yang mengelola data mata kuliah.
Kelemahannya dari sistem pemrosesan file ini antara lain :
Timbulnya data rangkap (
redundancy data ) dan Ketidakkonsistensi data (Inconsistency
data
)
Karena file-file dan program aplikasi disusun oleh programmer yang berbeda,
sejumlah informasi mungkin memiliki dupliaksi dalam beberapa file. Sebagai contoh nama
mata kuliah dan sks dari mahasiswa dapat muncul pada suatu file memiliki record-record
mahasiswa dan juga pada suatu file yang terdiri dari record-record mata kuliah. Kerangkapan
data seperti ini dapat menyebabkan pemborosan tempat penyimpanan dan biaya akases yang
bertambah. Disamping itu dapat terjadi inkonsistensi data. Misalnya, apabila terjadi
perubahan jumlah sks mata kuliah, sedangkan perubahan hanya diperbaiki pada file mata
kuliah dan tidak diperbaiki pada file mahasiswa. Hal ini dapat mengakibatkan kesalahan
dalam laporan nilai mahasiswa.
Kesukaran dalam Mengakses Data
Munculnya permintaan-permintaan baru yang tidak diantisipasikan sewaktu membuat
program aplikasi, sehingga tidak memungkinkan untuk pengambilan data.
Data terisolir (
Isolation Data )
Karena data tersebar dalam berbagai file, dan file-file mungkin dalam format –format
yang berbeda, akan sulit menuliskan program aplikasi baru untuk mengambil data yang
sesuai.
Masalah Pengamanan (
Security Problem )
Tidak semua pemakai diperbolehkan mengakses seluruh data. Bagian Mahasiswa
hanya boleh mengakses file mahasiswa. Bagian Mata kuliah hanya boleh mengakses file mata
kuliah, tidak boleh mengakses file mahasiswa. Tetapi sejak program-program aplikasi
ditambahkan secara ad-hoc maka sulit melaksanakan pengamanan seperti yang diharapkan.
Data Dependence
Apabila terjadi perubahan atau kesalahan pada program aplikasi maka pemakai tidak
dapat mengakses data.
Sistem Database
Seiring dengan berjalannya waktu lambat laun sistem pemrosesan file mulai ditinggalkan
karena masih bersifat manual, yang kemudian dikembangkanlah sistem pemrosesan dengan
pendekatan database.
Program Aplikasi
UntukMemasukkan Data
Nasabah
Database
Bank
Program Aplikasi Untuk
Mendebet / Mengkredit rekening
Customer Service
Teller
DBMS
Nasabah( nonasabah, nama, alamat )
Rekening( nonasabah, norek, saldo )
Gambar 2. Sistem database untuk suatu Bank
Perhatikan gambar 2 di atas. Pada sistem ini record-record data disimpan pada satu tempat
yakni database dan diantara program aplikasi maupun pemakai terdapat DBMS (
Database
Management System
).
Konsep Dasar Basis Data
ata adalah Representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia
(pegawai, mahasiswa, pembeli), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya
yang direkam dalam bentu angka, huruf, symbol,teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.
asis Data adalah Sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasikan untuk memenuhi
kebutuhan para pemakai di dalam suatu organisasi.
BMS (
Database Management System ) adalah Perangkat Lunak yang menangani semua
pengaksesan ke database
istem Basis Data terdiri dari basis data dan DBMS.
Istilah - Istilah Dasar Basis Data

Enterprise
Suatu bentuk organisasi seperti: bank, universitas, rumah sakit, pabrik, dsb.
Data yang disimpan dalai basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise.
Contoh data operasional : data keuangan, data mahasiswa, data pasien
Entitas
Suatu obyek yang dapat dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan dalai basis data.
Contoh Entitas dalam lingkungan bank terdiri dari : Nasabah, Simpanan, Hipotik
Contoh Entitas dalam lingkungan universitas terdiri dari : Mahasiswa, mata kuliah
Kumpulan dari entitas disebut Himpunan Entitas
Contoh : semua nasabah, semua mahasiswa
Atribut ( Elemen Data )
Karakteristik dari suatu entitas.
Contoh : Entitas Mahasiswa atributnya terdiri dari Npm, Nama, Alamat, Tanggal lahir.
Nilai Data ( Data Value )
Isi data / informasi yang tercakup dalai setiap elemen data.
Contoh Atribut Nama Mahasiswa dapat berisi Nilai Data : Diana, Sulaeman, Lina
Kunci Elemen Data (
Key Data Element )
Tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas.
Contoh Entitas Mahasiswa yang mempunyai atribut-atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir
menggunakan Kunci Elemen Data npm.

Record Data
Kumpulan Isi Elemen data yang saling berhubungan.
Contoh : kumpulan atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir dari Entitas Mahasiswa berisikan
: "10200123", "Sulaeman", "Jl. Sirsak 28 Jakarta", "8 Maret 1983".
Keuntungan Sistem Basis Data
ü Terkontrolnya kerangkapan data
Dalam basis data hanya mencantumkan satu kali saja field yang sama yang dapat dipakai oleh
semua aplikasi yang memerlukannya.
ü Terpeliharanya keselarasan (ke-konsistenan) data
Apabila ada perubahan data pada aplikasi yang berbeda maka secara otomatis perubahan itu
berlaku untuk keseluruhan
ü Data dapat dipakai secara bersama (shared)
Data dapat dipakai secara bersama-sama oleh beberapa program aplikasi (secara batch
maupun on-line) pada saat bersamaan.
ü Dapat diterapkan standarisasi
Dengan adanya pengontrolan yang terpusat maka DBA dapat menerapkan standarisasi data
yang disimpan sehingga memudahkan pemakaian, pengiriman maupun pertukaran data.
ü Keamanan data terjamin
DBA dapat memberikan batasan-batasan pengaksesan data, misalnya dengan memberikan
password dan pemberian hak akses bagi user (misal : modify, delete, insert, retrieve)
ü Terpeliharanya integritas data
Jika kerangkapan data dikontrol dan ke konsistenan data dapat dijaga maka data menjadi
akurat
ü Terpeliharanya keseimbangan (keselarasan) antara kebutuhan data yang berbeda dalam
setiap aplikasi

Struktur basis data diatur sedemikian rupa sehingga dapat melayani pengaksesan data
dengan cepat
ü Data independence (kemandirian data)
Dapat digunakan untuk bermacam-macam program aplikasi tanpa harus merubah format
data yang sudah ada
Kelemahan Sistem Basis Data
ü Memerlukan tenaga spesialisü Kompleksü Memerlukan tempat yang besarü Mahal
Pengguna Basis Data
System Engineer
Tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan Sistem Basis Data, dan juga
mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari sistem tersebut kepada pihak
penjual
Database Administrator (DBA)
Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol sistem basis data secara keseluruhan,
meramalkan kebutuhan akan sistem basis data, merencanakannya dan mengaturnya.
Tugas DBA :
· Mengontrol DBMS dan software-software· Memonitor siapa yang mengakses basis data· Mengatur pemakaian basis data· Memeriksa security, integrity, recovery dan concurency
Program Utility yang digunakan oleh DBA :

o Loading Routines
Membangun versi utama dari database
o Reorganization Routines
Mengatur / mengorganisasikan kembali database
o Journaling Routines
Mencatat semua operasi pemakaian database
o Recovery Routines
Menempatkan kembali data, sebelum terjadinya kerusakan
o Statistical Analysis Routines
Membantu memonitor kehandalan sistem
Pemakai Akhir
Ada beberapa jenis/tipe pemakai terhadap suatu sistem basis data yang dapat dibedakan
berdasarkan cara mereka berinteraksi terhadap sistem :
Programmer aplikasi
Pemakai yang berinteraksi dengan basis data melalui
Data Manipulation Language (DML),
yang disertakan (
embedded) dalai program yang ditulis dalai bahasa pemrograman induk
(seperti C, pascal, cobol, dll)
User Mahir (
Casual User)
Pemakai yang berinteraksi dengan sistem tanpa menulis modul program. Mereka
menyatakan
query (untuk akses data) dengan bahasa query yang telah disediakan oleh
suatu DBMS
User Umum (
End User/Naïve User)
Pemakai yang berinteraksi dengan sistem basis data melalui pemanggilan satu program
aplikasi permanen (
executable program) yang telah ditulis/disediakan sebelumnya
User Khusus (
Specialized/Sophisticated User)
Pemakai yang menulis aplikasi basis data non konvensional, tetapi untuk keperluankeperluan khusus seperti aplikasi AI, Sistem Pakar, Pengolahan Citra,dll, yang bisa saja
mengakses basis data dengan/tanpa DBMS yang bersangkutan.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH : MENGELOLA KONFLIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG             Sepanjang kehidupan manusia pasti tidak akan terlepas dari yang namanya konflik baik itu secara individu maupun organsasi. Konflik merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan. Demikian dalam kehidupan organisasi maupun masyarakat. Konflik akan menimbulkan terhambatnya perkembangan suatu organisasi jika tidak dikelola dengan baik, namun jika dikelola dengan baik konflik bisa menjadi pemicu berkembangnya suatu organisasi menjadi lebih menghasilkan. Mengelola konflik merupakan serangakaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar yang saling berselisih satu sama lain. B. RUMUSAN MASALAH 1.      Apa definisi konflik? 2.      Jenis dan penyebab terjadinya konflik. 3.      Faktor yang mempengaruhi terjadiny konflik. 4.      Penyelesaian yang baik dari permasalahan yang ada. C. TUJUAN             Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah: 1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kecakapan Antar Per

MAKALAH : KECERDASAN BUATAN

KECERDASAN BUATAN Kecerdasan buatan merupakan bidang ilmu komputer yang ditujukan untuk membuat perangkat lunak dan perangkat keras yang sepenuhnya dapat menirukan beberapa fungsi otak mnusia. Komputer dapat di gunakan untuk mengumpulkan informasi tentang obyek, kegitan dan dapat memproses sejumlah informasi dengan lebih efisien dari yang dikerjakan oleh mansia. Namun disisi lain manusia dapat menggunakan insting dapat melakukan hal yang sulit diprogram pada komputer, yaitu kemampuan mengenali hubungan antara kedua hal tersebut. Agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia maka komputer harus dibekali ilmu pengetahun dan mempunyai kemampuan untuk menalar . Untuk itu AI akan mencoba untuk memberikan metode untuk membekali komputer dengan kedua komponen tersebut agar komputer bisa menjadi mesin pintar. Tujuan dari kecerdasan buatan : 1. Membuat mesin jadi lebih pintar (tujuan utama) 2. Memahami apa itu kecerdasan (tujua ilmiah) 3. Membuat mesin lebih bermanfaa (tujuan en
MODUL KECAKAPAN ANTAR PERSONAL SEMESTER 1 TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG 2016/2017 Materi Pertemuan : 1. Komunikasi 2. Intrapersonal Skill 3. Komunikasi Efektif 4. Human Relations 5. Komunikasi dalam Organisasi 6. Pola Komunikasi 7. Aliran Komunikasi Organisasi Tugas Makalah : 1. Mengelola Konflik Dalam Menyelesaikan Masalah