Langsung ke konten utama

STRUKTUR BAHASA C++



STRUKTUR BAHASA C++

Struktur Bahasa C++ terdiri dari :¾ Compiler directive (preprocessor)¾ Deklarasi (variabel, fungsi)¾ Tubuh program¾ Baris komentar

ELEMEN-ELEMEN DASAR C++Identifier/pengenal : suatu nama yang dipakai dalam pemrograman, umumnya
diberikan kepada nama :
9 Variabel : suatu lokasi dalam memori komputer yang digunakan untuk
menyimpan nilai
9 Konstanta bernama9 Tipe data9 Fungsi9 ObyekTipe data dasarData ObyekEkspresi aritmetikaStatemen kontrolFungsiKetentuan pemberian nama :x Terdiri dari huruf A sampai Z, atau a sampai z, atau underscore ( _ ), atau 0
sampai 9
x Karakter pertama suatu identifier harus huruf atau underscorex Tidak boleh sama dengan kata kunci (keyword) dalam bahasa C++x Tidak boleh ada spasix Case sensitive : hurup kapital dan hurup kecil diperlakukan bedaKarakter :
Algoritma dan Pemrograman 8T-Informatika FT UNPAMElemen terkecil pada pemrograman C++ adalah karakter. Karakter dapat
berupa :
o Huruf (A sampai Z, a sampai z)o Angka ( 0 sampai 9)o Simbol (*, !, dll)o Kode kontrol (misal newline)Keywords :asm, auto, break, case, char, class, const, continue, default, delete, do,
double, else, enum, extern, float, for, friends, goto, if, inline, int, long, new,
operator, private, protected, public, register, return, short, signed, sizeof,
static, struct, switch, template, this, typedef, union, unsigned, virtual, void,
volatile, while.
Kode escape :kode karakter yang penulisannya diawali dengan simbol \.
Kode Ket. Kode Ket. Kode Ket.
\0 Karakter Null \n New line \’ Petik tunggal
\a Karakter audio
(bel)
\r Cariage
return
\” Petik ganda
\b Backspace \t Tab \xdd Hexadesimal (dd:0 sd
FF)
\f Formfeed \v Tab vertikal \\ Menampilkan \

Literal KarakterLiteral Karakter digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Karakter
ditulis dalam tanda petik tunggal.
Contoh :
‘a’ : karakter huruf a
‘#’ : karakter simbol #
‘8’ : karakter angka 8
‘\n’ : karakter
newlineLiteral StringString berarti deretan atau kombinasi sejumlah karakter. Literal String
ditulis dalam tanda petik ganda.
Contoh :
“Rudy Hartono”
“4 x 4 = 16”
“” : string kosong
“abc\ndef” : antara abc dan def terdapat
newline
“abc\tdef” : antara abc dan def terdapat tabKonstanta BernamaContoh : const double PI=3.14;
menyatakan bahwa PI adalah literal bertipe double dengan nilai 3,14. kata
kunci const menyatakan bahwa PI tak dapat diubah setelah didefinisikan.
VariabelMenyatakan suatu lokasi dalam memori komputer yang digunakan untuk
menyimpan suatu nilai dan nilai yang ada didalamnya bisa diubah.
Deklarasi variabel :
int a;
int a, b;
int a=30;
cin>>usia;
PernyataanPernyataan adalah suatu instruksi lengkap yang berdiri sendiri dan ditunjukan
untuk melaksanakan suatu tugas tertentu. Sebuah pernyataan selalu diakhiri
oleh tanda
titik koma.
Contoh :
luas=panjang*lebar;
const double PI=3.14;

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH : MENGELOLA KONFLIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG             Sepanjang kehidupan manusia pasti tidak akan terlepas dari yang namanya konflik baik itu secara individu maupun organsasi. Konflik merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan. Demikian dalam kehidupan organisasi maupun masyarakat. Konflik akan menimbulkan terhambatnya perkembangan suatu organisasi jika tidak dikelola dengan baik, namun jika dikelola dengan baik konflik bisa menjadi pemicu berkembangnya suatu organisasi menjadi lebih menghasilkan. Mengelola konflik merupakan serangakaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar yang saling berselisih satu sama lain. B. RUMUSAN MASALAH 1.      Apa definisi konflik? 2.      Jenis dan penyebab terjadinya konflik. 3.      Faktor yang mempengaruhi terjadiny konflik. 4.      Penyelesaian yang baik dari permasalahan yang ada. C. TUJUAN             Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah: 1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kecakapan Antar Per

MAKALAH : KECERDASAN BUATAN

KECERDASAN BUATAN Kecerdasan buatan merupakan bidang ilmu komputer yang ditujukan untuk membuat perangkat lunak dan perangkat keras yang sepenuhnya dapat menirukan beberapa fungsi otak mnusia. Komputer dapat di gunakan untuk mengumpulkan informasi tentang obyek, kegitan dan dapat memproses sejumlah informasi dengan lebih efisien dari yang dikerjakan oleh mansia. Namun disisi lain manusia dapat menggunakan insting dapat melakukan hal yang sulit diprogram pada komputer, yaitu kemampuan mengenali hubungan antara kedua hal tersebut. Agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia maka komputer harus dibekali ilmu pengetahun dan mempunyai kemampuan untuk menalar . Untuk itu AI akan mencoba untuk memberikan metode untuk membekali komputer dengan kedua komponen tersebut agar komputer bisa menjadi mesin pintar. Tujuan dari kecerdasan buatan : 1. Membuat mesin jadi lebih pintar (tujuan utama) 2. Memahami apa itu kecerdasan (tujua ilmiah) 3. Membuat mesin lebih bermanfaa (tujuan en
MODUL KECAKAPAN ANTAR PERSONAL SEMESTER 1 TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG 2016/2017 Materi Pertemuan : 1. Komunikasi 2. Intrapersonal Skill 3. Komunikasi Efektif 4. Human Relations 5. Komunikasi dalam Organisasi 6. Pola Komunikasi 7. Aliran Komunikasi Organisasi Tugas Makalah : 1. Mengelola Konflik Dalam Menyelesaikan Masalah