Langsung ke konten utama

PENGANTAR KOMUNIKASI DATA


PENGENALAN KOMUNIKASI DATA

Pengertian Komunikasi Data
● Komunikasi data adalah transmisi data secara elektronik
melalui bermacam media.
○ Penggabungan antara dunia komunikasi dan
computer:
■ Komunikasi umum antar manusia (baik dengan bantuan alat
maupun langsung)
■ Komunikasi data antar komputer atau perangkat digital lainnya
(PDA, Printer, HP)
3Pengertian
● Komunikasi di mana informasi yang dikirimkan (source)
adalah data
● Data adalah semua informasi yang berbentuk digital (bit 0
dan 1)
● Transmisi suara (analog) dapat juga dijadikan transmisi
data jika informasi suara tersebut diubah (dikodekan)
menjadi bentuk digital
4Kode Morse
51. Jumlah dan lokasi pemprosesan data
2. Jumlah dan lokasi terminal (remote)
3. Type transaksi
4. Kepadatan lalu lintas tiap tipe transaksi.
5. Prioritas/ urgensi informasi yang disalurkan.
6. Pola lalu lintas
7. Bit error rate yang dibutuhkan.
8. Keandalan sistem yang digunakan.
9. Revenue yang mungkin didapat.
6
Faktor yang Harus Diperhatikan Komunikasi DataStandar Komunikasi Data
Agar supaya sistem komunikasi data dapat berjalan secara
lancar dan global, maka perlu dibuat suatu standar protocol
yang dapat menjamin:
● Kompatibilitas penuh antara dua peralatan setara.
● Bisa melayani banyak peralatan dengan kemampuan
berbeda-beda
● Berlaku umum dan mudah untuk dipelajari atau
diterapkan
77 Layer OSI
1. Lapis Aplikasi (e-mail, file transfer)
2. Lapis Presentasi (format, encryption)
3. Lapis Session
4. Lapis Transport
5. Lapis Network (jaringan)
6. Lapis Link Data (lewat modem)
7. Lapis Fisik (hubungan fisik)
8OSI Layer
9
Application Application
Presentation Presentation
Session Session
Transport Transport
Network Network
Data-Link Data-Link
Physical Physical
Data
Segments
Packets
Frames
Bits
Data
DataThe 7 Layers of OSI
10Perbandingan OSI dan TCP/IP
11Framing OSI
12Host Layers vs Media Layer
13
Application
Presentation
Session
Transport
Network
Data-Link
Physical
Host Layers
Menjamin
pengiriman data
secara akurat antar
perangkat
Host Layers vs Media Layer
14
Application
Presentation
Session
Transport
Network
Data-Link
Physical
Media Layers
Mengontrol pengiriman
pesan secara fisik
melalui jaringan
Application Layer
15
□ Sebagai interface user ke
lingkungan OSI.
□ User biasa berinteraksi
melalui suatu program
aplikasi (software)
□ Contoh pelayanan atau
protokolnya:
■ e-mail (pop3, smtp)
■ file transfer (ftp)
■ browsing (http)
Application
Presentation
Session
Transport
Network
Data-Link
PhysicalPresentation Layer
16
□ Untuk mengemas data dari sisi
aplikasi sehingga mudah untuk
lapisan sesi mengirimkannya
atau sebaliknya,
□ Berfungsi untuk mengatasi
perbedaan format data,
kompresi, dan enkripsi data
□ Contoh pelayanan atau
protokolnya:
■ ASCII, JPEG, MPEG,
QuickTime, MPEG, TIFF,
PICT, MIDI, dan EBCDIC.
Application
Presentation
Session
Transport
Network
Data-Link
PhysicalSession Layer
17
□ Berfungsi untuk mengontrol
komunikasi antar aplikasi,
membangun, memelihara dan
mengakhiri sesi antar aplikasi.
□ Contoh pelayanan atau
protokolnya:
■ XWINDOWS, SQL, RPC,
NETBEUI, AppleTalk Session
Protocol (ASP) dan Digital
Network Architecture
Session Control Program
(DNASCP)
□ Penggunaan lapis sesi akan
menyebabkan proses pertukaran
data dilakukan secara bertahap
tidak sekaligus
Application
Presentation
Session
Transport
Network
Data-Link
PhysicalTransport Layer
18
□ Berfungsi untuk transfer data yang
handal, bertanggung jawab atas
keutuhan data dalam transmisi
data dalam melakukan hubungan
pertukaran data antara kedua
belah pihak
□ Paketisasi :
■ panjang paket
■ banyaknya paket,
■ penyusunannya
■ kapan paket-paket tersebut
dikirimkan
Application
Presentation
Session
Transport
Network
Data-Link
PhysicalNetwork Layer
19
□ Untuk meneruskan
paket-paket dari satu node
ke node yang lain dalam
jaringan komputer
□ Fungsi utama :
■ Pengalamatan
■ Memilih jalan (routing)
□ Contoh Protokol
■ IP
■ ICMP
Application
Presentation
Session
Transport
Network
Data-Link
PhysicalData Link Layer
20
□ Menyajikan format
data untuk lapis fisik /
pembentukan frame,
□ pengendalian
kesalahan (Error
Control)
□ Pengendalian arus
data (flow control)
Application
Presentation
Session
Transport
Network
Data-Link
PhysicalPhysical Layer
21
□ Pertukaran data secara fisik
terjadi pada lapis fisik,
□ Deretan bit pembentuk data
di ubah menjadi
sinyal-sinyal listrik yang
akan melewati media
transmisi,
□ Diperlukan sinyal yang
cocok untuk lewat di media
transmisi tertentu.
□ Dikenal tiga macam media
transmisi yaitu :
■ kabel logam,
■ kabel optik dan
■ gelombang radio
Application
Presentation
Session
Transport
Network
Data-Link
PhysicalReview
22

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH : MENGELOLA KONFLIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG             Sepanjang kehidupan manusia pasti tidak akan terlepas dari yang namanya konflik baik itu secara individu maupun organsasi. Konflik merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan. Demikian dalam kehidupan organisasi maupun masyarakat. Konflik akan menimbulkan terhambatnya perkembangan suatu organisasi jika tidak dikelola dengan baik, namun jika dikelola dengan baik konflik bisa menjadi pemicu berkembangnya suatu organisasi menjadi lebih menghasilkan. Mengelola konflik merupakan serangakaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar yang saling berselisih satu sama lain. B. RUMUSAN MASALAH 1.      Apa definisi konflik? 2.      Jenis dan penyebab terjadinya konflik. 3.      Faktor yang mempengaruhi terjadiny konflik. 4.      Penyelesaian yang baik dari permasalahan yang ada. C. TUJUAN             Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah: 1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kecakapan Antar Per

MAKALAH : KECERDASAN BUATAN

KECERDASAN BUATAN Kecerdasan buatan merupakan bidang ilmu komputer yang ditujukan untuk membuat perangkat lunak dan perangkat keras yang sepenuhnya dapat menirukan beberapa fungsi otak mnusia. Komputer dapat di gunakan untuk mengumpulkan informasi tentang obyek, kegitan dan dapat memproses sejumlah informasi dengan lebih efisien dari yang dikerjakan oleh mansia. Namun disisi lain manusia dapat menggunakan insting dapat melakukan hal yang sulit diprogram pada komputer, yaitu kemampuan mengenali hubungan antara kedua hal tersebut. Agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia maka komputer harus dibekali ilmu pengetahun dan mempunyai kemampuan untuk menalar . Untuk itu AI akan mencoba untuk memberikan metode untuk membekali komputer dengan kedua komponen tersebut agar komputer bisa menjadi mesin pintar. Tujuan dari kecerdasan buatan : 1. Membuat mesin jadi lebih pintar (tujuan utama) 2. Memahami apa itu kecerdasan (tujua ilmiah) 3. Membuat mesin lebih bermanfaa (tujuan en
MODUL KECAKAPAN ANTAR PERSONAL SEMESTER 1 TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG 2016/2017 Materi Pertemuan : 1. Komunikasi 2. Intrapersonal Skill 3. Komunikasi Efektif 4. Human Relations 5. Komunikasi dalam Organisasi 6. Pola Komunikasi 7. Aliran Komunikasi Organisasi Tugas Makalah : 1. Mengelola Konflik Dalam Menyelesaikan Masalah